CIRI - CIRI BURUNG PERKUTUT CACINGAN

Anggungan burung Perkutut memamang Merdu untuk di dengarkan. kata Orang { perkutut itu adalah hewan peliharaan para Priyayi / kalangan orang kelas atas ).
karena suara anggunganya yang merdu bisa membuat suasanan menjadi lebih adem ayem lohjinawi, hehehehe...!!.

tapi adminpun merasakan hal demikian, jika mendengarkan anggungan burung Perkutut di teras sambil ngopi rasanya sangat menentramkan ( kayak orang lupa punya hutang ) wkwkwk...''.

dari Zaman dulu, burung perkutut adalah hewan pilihan / hewan kesayangan para Raja, mungkin karena perkutut itu salah satu burung yang menurut Admin sangat Clasic dan penuh misteri.

memelihara burung Perkutut haruslah menjaga kebersihan kandang dan memberikan makanan yang banyak mengandung Gizi ( Milet, jewawut, beras merah, ketan hitam, otek bangkok, gabah dll) , supaya Perkutut kita sehat dan tercukupi Gizinya.

jangan lupa memberikan Vitamin yang banyak di jual di toko - toko pakan burung, baik itu yang di lolohkan ataupun di campur di dalam air minum.

sebab, burung di dalam sangkar / kandang tidak seperti burung yang terbang liar yang bisa setiap hari mendapatkan kebebasan dan Vitamin serba terpenuhi.

pemberian Vitamin pun harus ada tenggang waktu, sekarang di beri Vitamin, maka 3-4 hari kemudian baru di kasih lagi supaya burung Perkutut Sobat sehat dan rajin manggung.

di dalam memelihara burung perkutut , yang tadinya sehat,rajin manggung, lincah , menjadi lesu , tidak napsu makan, bulu - bulu tampak njredak / berdiri, semakin kurus dan dada nyilet ,maka kemungkin burung Perkutut tersebut terkena Cacingan.

berikut ini adalah merupakan Ciri - ciri burung Perkutut cacingan :

- bulu - bulu berdiri dan tampak lesu.
- terkadang menggerak - gerakkan bululu ekornya seperti mau mengeluarkan sesuatu.
- badan perkutut semakin mengurus dan dada nyilet.
- kotoran biasanya cair.

 
Cara Pengobatan Perkutut Cacingan :

jika burung Perkutut sabat terlihat seperti tanda - tanda di atas, maka berikan obat cacing yang di jual di Apotek - apotik terdekat ( misal Combantrin , Virantel dll ).

obat cacing dalam bentuk tablet ,maka berikan Perkutut obat cacing tablet sebesar biji kacang hijau saja.

dan untuk Obat cacing dalam bentuk cair , maka berikan 1 -2 tetes saja, karena jika over dosis, maka akan berakibat semakin tidak baik untuk perkutut sobat.

jika pemberian obat cacing di lakukan pada pagi hari, maka kemungkinan sore hari akan banyak
cacing yang keluar dri perkutut Sobat, dan jika pemberian Obat cacing di lakukan pada sore hari, maka di pagi hari kemungkinan sudah banyak cacing yang keluar dari dubur perkutut Sobat.

lakukan pengobatan 3 - 4 hari, atau sampai berak Perkutut Sobat tidak ada cacing yang keluar lagi.

akan lebih baik lagi jika melakukan sebelum melakukan pengobatan pada Perkutut sobat di mandikan dulu, supaya perkutut sobat lebih bersih dan kemudian di jemur.

dan jangan mandikan perkutut sobat yang sedang sakit di sore hari / di malam hari, hal tersebut semakin membuat burung perkutut sobat menjadi stres dan kemungkinan berakibat tidak baik.

jika di rasa cacing yang ada dalam Perut perkutut sudah tak ada lagi, maka untuk mempercepat pulihnya stramina perkutut Sobat berikan Kacang hijau sebanyak 5 butir ( kacang hijau yang sudah di rendam air 1 hari ).

untu itu, mari rawat dan jaga kebersihan kandang Perkutut Sobat, agar terhindar dengan penyakit cacingan tersebut.

semoga artikel ini bisa membantu / bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "CIRI - CIRI BURUNG PERKUTUT CACINGAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

ARTIKEL TERBARU

Kontak Kami